KATA PENGANTAR
Puji dan Syukur kami
panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan Rahmat dan Hidayah-Nya,
sehingga kami dapat menyelesaikan penulisan dan penyusunan program kerja bidang
kesiswaan tahun 2016
Program kerja ini
disusun berdasarkan berbagai acuan, pemikiran dan pengalaman pelaksanaan program
kerja pada tahun sebelumnya serta saran pendapat dan masukan berbagai elemen
dan pihak-pihak yang berkepentingan seperti:
- Instruksi tertulis / Edaran kepala sekolah
tentang tugas pokok wakil kepala sekolah bidang kesiswaan.
- Visi misi dan strategi yang hendak dicapai.
- Rekan pengajar dan Tenaga kependidikan.
- Pemikiran penyusun dalam rangka pelaksanaan dan
tuntutan tugas dilandasi juknis buku pedoman Pembina kesiswaan.
- Pengurus komite sekolah.
Didasari keberadaan
siswa disekolah sebagai subjek dan pusat kegiatan yang kompleks maka
pelaksanaan kegiatan bersifat skala prioritas yang penjadwalan kegiatannya
disesuaikan anggaran, situasi dan kondisi serta waktu akademik yang tersedia.
Partisipasi aktif siswa
lebih diarahkan kepada keseimbangan kemampuan akademik dan nonakademik sesuai
minat dan bakatnya, sehingga siswa memiliki keuntungan ganda.
Dengan demikian
diharapkan siswa yang berbakat dan kreatif, maupun siswa yang extrim
pelanggaran tata tertib siswa terarahkan, terwadahi dan tersalurkan melalui
pembinaan. Sehingga diharapkan keberadaan sekolah semakin maju dan sekolah
sebagai tempat pusat belajar. Semakin dipercaya semua pihak sehingga masyarakat
memberi nilai yang makin meningkat serta terbentuk kepercayaan public kesekolah
yang akhirnya bermuara pada kesejahteraan warga atau keluarga besar SDN 008
Lingkas Ujung Kota Tarakan.
Menyadari
kekurangan-kekurangan penyusun dalam pembuatan program ini, maka diharapkan
dapat memberikan masukan saran dan kritik berbagai pihak demi penyempurnaan
penyusun program-program serupa khusunya program kerja bidang kesiswaan di masa
yang akan datang merupakan reperensi yang amat berharga serta merupakan satu
kekayaan yang tak ternilai yang kami nantikan.
Mudah-mudahan program
kerja ini dapat dijadikan acuan dan gambaran kami dalam melaksanakan tugas pada
Negara dan bangsa di dunia pendidikan sesuai tujuan pendidikan nasional
khususnya di SDN 008 Tarakan dengan visi dan misi sekolah sebagai tolak ukur
keberhasilan kerja sekolah. Amin.
Tarakan,
01 Januari 2016
Bidang
Kesiswaan
|
DAFTAR ISI
LEMBAR
PENGESAHAN
...................................................................... 1
KATA
PENGANTAR .............................................................................. 2
DAFTAR
ISI
............................................................................................. 3
BAB
I. PENDAHULUAN
........................................................................ 4
A.
Latar Belakang
...................................................................... 4
B.
Maksud dan Tujuan
.............................................................. 6
C.
Landasan Pelaksanaan .......................................................... 7
BAB
II. PROGRAM KESISWAAN SDN 008 TAHUN 2016
................. 8
1.
Program Harian
.................................................................... 8
2.
Program Pekanan .................................................................. 11
3.
Program Bulanan
.................................................................. 14
4.
Program Semesteran
............................................................. 15
5.
Program Tahunan
.................................................................. 15
BAB
III. PENUTUP
................................................................................ 18
LAMPIRAN
............................................................................................ 19
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pendidikan Nasional
bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia
seutuhnya yaitu manusia yang Beriman dan Bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa
dan berbudi pekerti luhur memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan
jasmani dan rohani kepribadian yang menetap dan mandiri serta memilliki
rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
Pembangunan dibidang
pendidikan diarahkan kepada pengembangan sumber daya manusia yang bermutu
tinggi, guna memenuhi kebutuhan dan menghadapi tantangan kehidupan di masa
depan. Melalui pendidikan, sumber daya manusia yang bersifat potensi
dikualisasikan hingga optimal, dan seluruh aspek kepribadian dikembangkan secara
terpadu.
Sejalan dengan
peningkatan mutu sumber daya manusia, Departemen Pendidikan Nasional terus
berupaya untuk meningkatkan mutu pendidikan. Direktorat Jendral Pendidikan ,
dalam hal ini telah melakukan berbagai upaya, baik pengembangan mutu pembelajaran,
pengadaan sarana prasarana, perbaikan manajemen kelembagaan sekolah maupun
pembinaan kesiswaan.
Peningkatan mutu
pendidikan di sekolah tidak hanya terpaku pada pencapaian aspek akademi,
melainkan aspek non akademik juga, baik penyelenggaraannya dalam bentuk
kegiatan kurikuler ataupun akstrakulikuler, melalui berbagai program kegiatan
yang sistematis dan sistematik. Dengan upaya seperti itu, peserta didik (siswa)
diharapkan memperoleh pengalaman yang utuh, hingga seluruh modalitas belajarnya
berkembang secara optimal.
Disamping itu,
peningkatan mutu diarahkan pula kepada guru sebagai tenaga kependidikan yang
berperan sentral dengan strategis dalam memfasilitasi perkembangan pribadi
peserta didik disekolah. Peningkatan mutu guru merupakan upaya mediasi dalam
rangka pembinaan kesiswaan. Tujuan dari peningkatan mutu guru adalah
pengembangan dalam pembbinaan kesiswaan terlingkup program kegiatan yang
langsung melibatkan peserta didik (siswa) sebagai sasaran, adapula program yang
melibatkan guru sebagai mediasi atau sasaran antara (tidak langsung). Namun,
sasaran akhir dari kinerja pembinaan kesiswaan adalah perkembangan siswa yang
optimal,sesuai dengan karakteristik pribadi tugas perkembangan, kebutuhan ,
bakat, minat, dan kreativitasnya.
Pada dasarnya, pembinaan
kesiswaan disekolah merupakan tanggung jawab semua tenaga kependidikan. Guru
adalah salah satu tenaga kependidikan yang kerap kali berhadapan dengan peserta
didik dalam proses pendidikan. Guru sebagai pendidik bertanggung jawab
atas terselenggarannya proses tersebut disekolah baik melalui bimbingan,
pengajaran, dan atau pelatihan. Seluruh tanggung jawab itu dijalankan dalam
upaya memfasilitasi peserta didik agar kompetensi dan seluruh aspek pribadinya
berkembang optimal. Apabila guru hanya menjalankan salah satu bagian dari
tanggung jawabnya, maka perkembangan peserta didik tidak mungkin optimal.
dengan kata lain, pencapaian hasil pada peserta didik yang optimal,
mempersyaratkan pelayanan dari guru yang optimal pula.
Oleh karena guru
merupakan tenaga kependidikan, maka gurupun bertanggung jawab atas
terselenggaranya pembinaan kesiswaan disekolah secara umum dan secara khusus
terpadu dalam setiap mata pelajaran yang menjadi tanggung jawab masing-masing. Dengan demikian, setiap
guru sebagai pendidik seyogyanya memahami, menguasai, dan menerapkan kompetensi
bidang pembinaan kesiswaan.
Dalam kerangka berpikir
dan bertindak seperti itulah dikembangkan standar kompetennsi guru bidang
pembinaan kesiswaan, yang selanjutnya dirinci kedalam sub-sub kompetensi dan
indikator-indikator sebagai rujukan penyelenggaraan pembinaan kesiswaan.
Keseluruhan indikator yang diturunkan dari enam kompetensi dasar yang dimaksud
dapat dijadikan acuan, baik bagi penyelenggaraan pembinaan kesiswaan secara
umum dalam program pendidikan disekolah, maupun secara khusus terpadu dalam
program pembelajaran dan bimbingan yang menjadi tanggung jawab guru mata
pelajaran dan guru pembimbing.
B.
Maksud
dan Tujuan
a.
Maksud
Penyusunan program dimaksudkan untuk membantu
mewujudkkan visi dan misi SDN 008 Tarakan yang tertuang dalam program strategi sekolah
program kerja kepala sekolah.
b.
Tujuan
Fungsi dan tujuan akhir pembinaan kesiswaan secara
umum sama dengan fungsi dan tujuan pendidikan nasional, sebagaimana tercantum
dalam undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, bab
II, pasal 3 yang berbunyi sebagai berikut :
“Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak
serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan
bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi
manusia yang beriman dan bertakwa kepada tuhan Yang maha Esa, berakhlak mulia,
sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang
demokratis serta bertanggung jawab”.
Adapun secara khusus, pembinaan kesiswaan ditujukan untuk memfasilitasi
perkembangan peserta didik (siswa) melalui penyelenggaraan program bimbingan,
pembelajaran, dan atau pelatihan, agar peserta didik dapat mewujudkan
kegiatan-kegiatan yang telah diprogramkan.
C.
Landasan
Program
1.
Undang-Undang Dasar 1945 (Pembukaan dan Pasal 31 &
32)
“Mengamanatkan
upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, serta agar pemerintah mengupayakan
satu sistem pengajaran dan pendidikan nasional yang diatur undang-undang, yang
memungkinkan warganya mengembangkan diri sebagai manusia Indonesia seutuhnya
(Insan Kamil)”.
2.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran
Negara Nomor 3839)
BAB
II
PROGRAM
KESISWAAN SDN 008 LINGKAS UJUNG
TAHUN
2016
1.
HARIAN
1.1
PKS
(Patroli Ketertiban Sekolah)
A. Visi
dan Misi
Ø Menanamkan
kedisiplinan dan rasa tanggung jawab
Ø Membantu
Pelaksanaan 5 B dan 2 B
Ø Membantu
terciptanya lingkungan yang kondusif di Sekolah
Ø Mampu
menjadi keteladan yang baik bagi
temannnya
B. Tujuan
Ø Menjadikan
pasukan PKS yang mampu membantu terciptanya lingkungan sekolah berdisiplin,
bersih, rapi dan kondusif sehingga KBM dapat berjalan lancar dan efektif
C. Tugas
Ø Mengajak
teman untuk melakukan dalam hal :
1. Membuang
sampah pada tempatnya
2. Kerapian
dalam berpakaian
3. Datang
tidak terlambat ke sekolah
4. Membiasakan
mengucapkan salam
5. Ucapan
dan perkataan yang baik
6. Bersalaman
ketika datang dan pulang
7. Persahabatan
8. Kawasan
bebas asap rokok
D. Pemilihan
Anggota
Ø Pemilihan
anggota PKS berdasarkan dari pendaftaran
yang kemudian diseleksi
Ø Setiap
kelas mencalonkan perwakilan 2 sampai 4
siswa yang telah diseleksi
Ø Anggota
PKS yang telah lulus seleksi akan diberi pengarahan-pengarahan
Ø Petugas
PKS di dalam kelas akan digilir setiap hari berdasarkan jadwal piket yang telah dibuat wali kelas
Ø Keanggotaan
akan digilir dalam satu semester
E. Teknik
Pelaksanaan
Ø Bertugas
secara bergiliran dalam satu kelas 1 siswa untuk melakukan pemantauan dalam
kelas
Ø Mengajak
teman untuk melakukan kedisiplinan seperti yang tercantum pada poin C, dengan
pantauan dari wali kelas dan guru bidang studi.
1.2
Budayakan
5 S ( Senyum, Salam, Sapa, Sopan,
Santun) dan 2 B (Bersih Diri, Bersih Lingkungan)
A. Tujuan
Ø Membiasaka
budaya 5 S dan 2 B pada siswa sehingga menjadi karakter anak
B. Teknis
Pelaksanaan 5 S
Ø Di
mulai dari diri kita dahulu dalam kelas (waktu datang dan mau pulang) dibawah bimbingan guru/wali kelas
Ø Jika
pelaksanaan di kelas sudah baik maka meningkat ke semua teman yang ditemui
(lain kelas)
Ø Apabila
sudah berjalan dengan baik meningkat lagi kepada semua orang yang ditemui di
sekolah termasuk tamu yang datang kesekolah
Ø Adanya
keteladanan dari guru
C. Teknis
Pelaksanaan Bersih Diri dan Bersih Lingkungan(2 B)
Ø Budaya
2 B adalah tanggung jawab semua warga sekolah. Berkewajiban mengingatkan
apabila ada sampah atau kotoran berserakan (melihat anak membuang sampah
sembarangan)
Ø Budaya
2B dimulai dari diri kita terlebih dahulu
Ø Pemantauan
2B di dalam kelas menjadi tanggung jawab wali kelas/guru kelas dibantu petugas
PKS
Ø Pemantauan
diluar kelas menjadi tanggung jawab bagian sarana prasaranan dan dibantu
petugas PKS
Ø Adanya
keteladanan dari guru
1.3
Operasi
Semut
A.
Tujuan
1. Membiasakan
anak dalam lingkungan yang bersih
2. Menjaga
kebersihan lingkungan sekolah dan sekitarnya
B.
Sasaran
Ø Seluruh
warga sekolah SDN 008
C.
Jadwal Pelaksanaan (Terlampir)
1.4
UKS
( Usaha Kesehatan Sekolah ) dan PMR ( Palang Merah Remaja)
A. Tujuan
Ø Mengembangkan potensi anak dalam bidang
kesehatan serta memupuk kepedulian antar sesama teman yang membutuhkan
pertolongan.
B. Pemilihan
Anggota
Ø Setiap kelas ada perwakilan 2 siswa sampai 4
siswa (kelas III sampai kelas V)
Ø Keanggotaan bergilir 1 tahun sekali.
C. Teknis
Pelaksanaan
Ø Bertugas secara bergiliran di ruang UKS dan
membantu melakukan penanganan pertama apabila ada siswa yang sakit.
Ø Melakukan pencatatan terhadap siswa yang
sakit.
D. Program
Kerja UKS dan PMR (terlampir)
1.5
Refleksi
A. Tujuan
Ø Membiasakan atau melatih anak untuk muhasabah
dalam keseharian sehingga anak bisa mengetahui perbuatan-perbuatan kurang baik
yang sudah dilakukan dalam satu hari tersebut dengan harapan kedepan
tidak akan mengulangi dan mengetahui perbuatan-perbuatan yang baik dalam satu
hari tersebut dengan harapan besok akan dapat mempertahankan atau akan lebih
meningkatkan perbuatan baiknya.
B. Teknis
Ø Dilakukan secara klasikal menjelang pulang
yang dipimpin oleh guru kelas/wali kelas
Ø Anak
kita ajak untuk berfikir sejenak untuk mengingat apa-apa yang telah dilakukan
dari refleksi hari sebelumnya sampai dengan refleksi yang sedang dilakukan
(disesuaikan dengan tingkatan kelas)
Ø Ajak anak berfikir perbuatan apa yang perlu
dihilangkan/dikurangi dan perbuatan apa yang harus ditingkatkan.
Ø Kondisikan anak dalam suasana rileks dan
nyaman agar refleksi yang dilakukan lebih mengena.
2.
PEKANAN
2.1
Upacara
A. Tujuan
Ø Menanamkan/melatih anak dalam kedisiplinan,
kemandirian dan percaya diri.
B. Teknis
Pelaksanaan
Ø Petugas dan Pembina upacara dirolling sesuai
jadwal.
Ø Pelatihan
petugas upacara oleh guru kelas / wali kelas.
Ø Upacara dilaksanakan 1 pekan sekali
C. Jadwal
Petugas dan Pembina Upacara (Terlampir)
2.2
Shalat Berjamaah
A. Tujuan
Ø Untuk menanamkan kebersamaan dalam beribadah
atau pendidikan ruhiyah.
Ø Mengenalkan anak dengan ibadah / sholat
sunnah.
B. Bentuk
Kegiatan
Ø Sholat dhuha
Ø Sholat Dhuhur
Ø Infak
Ø Pemantauan
program 2B
C. Teknis
Pelaksanaan
Ø Pelaksananaan shalat Dhuha dan dhuhur secara
berjamaah di lakukan dari hari Senin sampai hari kamis didampingi oleh wali
kelas yang beragama muslim
Ø Dilaksanakan secara bergilir dari kelas IV
–VI sesuai dengan jadwal
Ø Pengumpulan infak oleh wali kelas, yang
kemudian disetor ke pengumpul BAZ
Ø Pemantauan 2B oleh wali kelas dan atau guru
pendamping.
D. Jadwal Pendamping Sholat (Terlampir)
2.3
Imtaq
A. Tujuan
Ø Untuk
membangun kepribadian siswa agar menjadi manusia yang memiliki kecerdasan
emosional dan spiritual
B. Bentuk
dan Kegiatan (Terlampir)
2.4
Jum’at
Sehat dan Bersih
A. Tujuan
Ø Menanamkan kebersamaan dalam kesehatan dan
kebugaran jasmani
Ø Membiasakan budaya sehat/olah raga pada
seluruh warga sekolah
Ø Menanamkan
dan membiasakan kebersihan diri dan lingkungan
B. Bentuk
Kegiatan
1. Senam
2. Jalan-jalan
3. Kebersihan Lingkungan
C. Pelaksanaan
Ø Seluruh
Peserta didik dan Tenaga kependidikan
D. Program
dan Jadwal Kegiatan Terlampir
2.5
Bimbingan
dan Konseling
A. Tujuan
Ø Menangani anak-anak yang mempunyai masalah
dan mencari solusinya
( ditangani wali kelas masing-masing)
Ø Supaya orang Tua bisa berkonsultasi kepada
wali kelas masing-masing
B. Teknis
Pelaksanaan
Ø Dilaksanakan Wali kelas, mendata anak yang
akan di konsultasikan dan Orang tua yang akan berkonsultasi.
2.6
Ekstra Kurikuler
A. Jenis-Jenis
Ekstra Kurikuler
1. Ekstra
Kurikuler Wajib
Ø Pramuka
2. Ekstra
Kurikuler Pilihan
Ø Seni
rupa/Lukis
Ø Bahasa
Indonesia ,Bahasa Inggris dan Bahasa Arab
Ø Futtsall
Ø Sains
Club
Ø Rebana
Ø Basket
Ø Seni
Tari
3. Ekstra
Akademik
Ø Matematika
Ø Tilawah
Ø Paduan
Suara
B. Tehnik
Pelaksanaan
Ø Pramuka dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah
dibuat
Ø Kegiatan Eskul dilaksanakan sesuai dengan
jadwal yang telah dibuat
C. Jadwal
dan Kegiatan Ekstra Wajib, Pilihan dan
Akademik ( Terlampir )
2.7 Membaca
di Perpustakaan
A. Tujuan
Ø Membudayakan
dan membiasakan anak gemar membaca
B. Sasaran
Ø Seluruh
tingkatan kelas yang didampingi wali kelas
C. Jadwal
Kunjungan ( Terlampir )
3.
BULANAN
3.1
Mading
A. Tujuan
Ø Menumbuhkan kreatifitas anak.
Ø Melatih anak dalam membuat karya.
B. Pelaksanaan
Ø Pengisi mading adalah anak kelas I-VI.
Ø Mading akan berganti setiap bulan
Ø Pembuatan
mading di bawah bimbingan wali kelas
C. Jadwal
Pengisi Mading ( Terlampir )
3.2
Komite Kelas
A. Teknik
Pelaksanaan
Ø Dilaksanakan minimal sekali dalam semester
Ø Tempat di SDN 008 Tarakan
Ø Agenda, Sharing, Kajian, Psikologi, Kesehatan
dll.
B. Catatan
Ø Waktu pelaksanaan tidak pada jam Efektif
Ø Pengurus Komite kelas diharuskan mengikuti
Komite Sekolah
3.3
Komite Sekolah
Ø Dilaksanakan minimal sekali dalam semester
Ø Dihadiri oleh komite sekolah, komite
masing-masing kelas (minimal 3), waka serta kepala sekolah.
Ø Pertemuan komite sekolah akan dilaksanakan
sesuai jadwal yang telah ditentukan
3.4
Laporan
Bulanan Keadaan Siswa
Ø Laporan
keadaan siswa dikumpulkan setiap bulan
4.
SEMESTERAN
4.1
Classmeating
A. Tujuan
Ø Agar
terjalin hubungan persaudaraan dan ikatan silaturrahmi yang erat antara siswa
Ø Menumbuhkan
rasa kekompakan yang tinggi
Ø Mencari
siswa-siswi yang memiliki bakat,potensi dan kreatifitas yang tinggi
B. Sasaran
Ø Seluruh
siswa SDN 008 Tarakan
C. Bentuk
Kegiatan
Ø Penanggung Jawab : Kepala Sekolah dan semua
wali kelas
Ø Bentuk Kegiatan di titik tekankan pada kegiatan
akademik dan non akademik
Ø Kegiatan classmeating dikoordinir oleh
pembina eskul
Ø Kegiatan dilaksanakan setelah Ulangan
Semester I
5.
TAHUNAN
5.1
PSB
( Penerimaan Siswa Baru )
Ø Susunan
panitia akan diputuskan melalui rapat koordinasi dengan guru dan staf minimal 1
(satu ) Minggu sebelum pelaksanaan
5.2
Kunjungan
Edukasi
A. Penanggung jawab
: wali kelas Setiap tahun 2 kali dari kelas 1-6
B. Tehnik pelaksanaan
Ø Kunjungan
dilakukan 2 kali setahun
Ø Kunjungan
edukasi disesuaikan dengan materi pembelajaran
C. Jadwal
Kunjungan (Terlampir)
5.3
PHBI
dan PHBN
A.
Jenis Kegiatan PHBI
Ø Isra
Mi’raj Nabi Muhammad SAW
Ø Hari
Raya Idul Fitri dan Ramadhan (Pesantren kilat)
Ø Hari
Raya Idul Adha (Kurban)
Ø Tahun
Baru Islam
Ø Maulid
Nabi
B.
Jadwal dan Jenis Kegiatan PHBI (Terlampir )
C.
Jenis Kegiatan PHBN
Ø Peringatan
Hari Kartini
Ø Peringatan
Hari Pendidikan Nasional
Ø Peringatan
HUT RI
Ø Peringatan
HUT SDN 008 Tarakan
Ø Peringatan
HUT Kota Tarakan
D.
Jadwal dan Kegiatan PHBN (Terlampir )
5.4
MOS
( Masa Orientasi Sekolah )
A.
Tujuan
Ø Tujuan
diadakannya MOS adalah untuk mengenalkan peserta didik dalam lingkungan belajar
yang baru agar memiliki kesiapan belajar yang baik. Mereka dikenalkan tentang
fasilitas belajar, strategi belajar, kurikulum, tata tetib siswa, kultur
akademik, pendidik dan tenaga kependidikan, serta teman-teman, baik seangkatan,
maupun kakak-kakak kelasnya.
B.
Pelaksanaan
a. Kelas
1
Hari I : Pengarahan kepada orang tua siswa baru
Hari
II : Kegiatan siswa
dan guru (Orang tua siswa menunggu diluar kelas)
Hari
III : Pembagian Kelas
b. Kelas
II –VI
Hari I :
Kerja bakti (seluruh lingkungan sekolah)
Hari II :
Pembagian Kelas
Hari III :
Membersihkan kelas masing-masing
5.5
Kegiatan Akhir Tahun Pelajaran
5.5.1
Porseni
Ø dikoordinir
oleh masing-masing koordinator eskul akademik dan non akademik
Ø Kegiatan
Porseni dilaksanakan setelah ulangan semester II
Ø Susunan
panitia akan diputuskan melalui rapat koordinasi dengan guru dan staf minimal 1
(satu ) Minggu sebelum pelaksanaan
5.6.2 Mabit
A.
Sekilas
Tentang Mabit
Mabit adalah kata dalam bahasa arab
yang artinya bermalam. Dalam pemahaman dakwah,” Mabit” adalah salah satu
saranah tarbiyah untuk membina ruhiyah, melembutkan hati, membersihkan jiwa,
membiasakan fisik untuk beribadah, khususnya tahajjud, dzikir,tadabbur, dan
tafakkur.
B.
Tujuan
Mabit
Ø Terpeliharanya
sisi ruhiyah pelajar dengan ibadah dan dzikir
Ø Menjaga
hubungan dekat dengan Allah SWT sebagai pencipta
Ø Mempererat
hubungan silaturrahim antar sesama siswa
Ø Membiasakan
siswa melakukan muhasabah diri
Ø Membiasakan
siswa untuk taat dan disiplin
C.
Pelaksanaan
Panitia dan waktu pelaksanaan disusun paling lambat
1 minggu sebelum pelaksanaan kegiatan
5.6.3 Pelepasan kelas VI
Panitia
dan waktu pelaksanaan disusun paling lambat 1 minggu sebelum pelaksanaan
kegiatan
BAB
III
PENUTUP
Kita
menyadari bahwa siswa yang merupakan bagian dari generasi muda akan menjadi
pelaku-pelaku pembangunan bangsa di masa yang akan datang. Kualitas siswa pada
masa kini akan memberikan corak perkembangan masa depan bangsa Indonesia.
Kita sadari bahwa
berhasil tidaknya pembinaan dan pengembangan siswa di SDN 008 Tarakan, tergantung
pada peran serta sekolah dan seluruh siswa SDN 008 Tarakan
Pedoman
pembinaan kesiswaan ini akan sangat bermanfaat di dalam melaksanakan dan
mengembangkan kreatifitas, minat dan bakat siswa, sehingga para siswa dapat
melatih dan menyiapkan dirinya sebagai kader pimpinan masa datang dengan selalu
berorientasi kepada program yang mereka siapkan sendiri.
Program
kerja ini tidak luput dari segala kekurangan, oleh karena itu diharapkan
kritikan dan masukan dari berbagai pihak untuk kesempurnaan program kerja ini. Terima
kasih
Assalamu Alaikum wr.wb!
Tarakan, 01 Januari 2016
Bidang Kesiswaan
Y A
N I, S.Pd.I
NIP 19750403 2003122008
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar