GAMBARAN GURU PEMBELAJAR (GP) MODA DARING
A. Pengertian
Sebagaimana telah disebutkan dalam Bab
I, peningkatan kompetensi Guru Pembelajar dilaksanakan dalam 3 (tiga) moda, yaitu tatap muka, daring dan daring
kombinasi. Petunjuk
teknis ini dibuat khusus untuk Guru Pembelajarmoda daringdan daring kombinasi.
Pendekatan pembelajaran pada Guru Pembelajarmoda daring memiliki karakteristik sebagai
berikut:
1.
Menuntut
pembelajar untuk membangun dan menciptakan pengetahuan secara mandiri (constructivism);
2.
Pembelajar
akan berkolaborasi dengan pembelajar lain dalam membangun pengetahuannya
dan memecahkan masalah secara bersama-sama (social
constructivism);
3.
Membentuk suatu komunitas pembelajar (community of learners) yang inklusif;
4.
Memanfaatkan media laman (website) yang bisa diakses melalui internet, pembelajaran berbasis
komputer, kelas virtual, dan atau kelas digital;
5.
Interaktivitas, kemandirian, aksesibilitas, dan
pengayaan;
Gambaran umum
dari setiap model pembelajaran pada Guru Pembelajar moda daring sebagai
berikut.
1.
Guru
Pembelajar Moda Daring
Melalui moda
ini, peserta memiliki keleluasaan waktu belajar.Peserta dapat belajar kapanpun
dan dimanapun, sehingga tidak perlu meninggalkan kewajibannya sebagai gurudalam
mendidik.
Peserta dapat berinteraksi dengan pengampu/mentor
secara synchronous – interaksi
belajar pada waktu yang bersamaan seperti dengan menggunakan video converence, telepon atau live chat, maupun asynchronous – interaksi belajar pada waktu yang tidak bersamaan melalui
kegiatan pembelajaran yang telah disediakan secara elektronik.
Dalam pelaksanaan moda daring, dikembangkan dua model sebagai berikut.
a.
Model 1
Pembelajaran
Guru Pembelajarpada model inihanya melibatkan pengampu dan guru sebagai
peserta.Dengan memanfaatkan TIK, peserta secarapenuh melakukan pembelajaran
daring dengan mengakses dan mempelajari bahan ajar, mengerjakan latihan-latihan
(tugas), berdiskusi dan berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman dengan peserta Guru Pembelajarlainnya. Selama proses pembelajaran,
peserta dibimbing dan difasilitasi secara daring oleh pengampu, seperti pada
Gambar 2.1.
g
|
Admin
Kelas
|
Pembelajaran
pada Guru Pembelajar moda daring– Model 2 melibatkan pengampu, mentor dan
peserta.Guru Pembelajarmoda daring model ini menggabungkan interaksi antara peerta
dengan mentor dan atau pengampu, yang hanya dilakukan secara daring, dengan
model pembimbingan seperti pada Gambar 2.2 berikut:
·
Interaksi
Pengampu – Mentor: Pengampu mendampingi mentor dan berinteraksi dengan mentor
secara daring.
·
Interaksi
Mentor – Peserta: Mentor mendampingi, berdiskusi dan berkoordinasi dengan
peserta secara daring.
·
Interaksi
Pengampu – Peserta: Pengampu memfasilitasi dan berkomunikasi dengan peserta
secara daring
2.
Guru
PembelajarModa Daring Kombinasi
Pada moda kombinasi ini, peserta melakukan interaksi belajar secara
daring dan tatap muka. Interaksi
belajar daring dilakukan secara mandiri dengan memanfaatkan teknologi informasi
dan pembelajaran yang telah disiapkan secara elektronik, dan dapat dilakukan
kapan saja dan dimana saja. Interaksi tatap muka dilaksanakan bersamaan dengan
peserta Guru Pembelajar lainnya di pusat belajar (PB) yang telah ditetapkan (dijelaskan
di Bab II pada sub bab D) dan
difasilitasi oleh seorang mentor.
Interaksi pada daring kombinasi dapat dilihat pada Gambar
2.3.
·
Interaksi
Pengampu – Mentor: Pengampu mendampingi mentor dan berinteraksi dengan mentor
secara daring.
·
Interaksi
Mentor – Peserta: Mentor mendampingi, berdiskusi dan berkoordinasi dengan
peserta secara daring dan luring.
·
Interaksi
Pengampu – Peserta: Pengampu memfasilitasi dan berkomunikasi dengan peserta
secara daring.
Pertemuan tatap muka dilaksanakan
sesuai jadwal yang disepakati bersama antara peserta dan mentor. Struktur program
pertemuan antara peserta dan mentor di PB
Tidak ada komentar:
Posting Komentar